HIKMAH PUASA RAMADHAN

blogger templates
asalamualikum wr wb



  marhaban ya ramadhan, pada blog kali saya akan bebrbagi kepada kalian  apasih hikmah dari puasa ramadhan? ok sebelum kesana kita harus tau apa itu pengertian puasa, puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu, dari sikap atau makanan. jadi intinya kita harus menahan hawa nafsu kita, dan amarah kita ketika sedang berpuasa. oleh karena di balik itu semua itu pasti ada hikmahnya, baik langung saja ya.

hikmah puasa ramadhan

1. melatih disipilin waktu kita, karena untuk berpuasa kita harus menahan hawa nafsu dan amarah kita, selain itu badan kita juga harus fit dan sehat, jadi kita harus bisa mendisiplikan waktu kita ketika bulan puasa agar tidak terjadi apa apa pada diri kita

2. keseimbangan dalam hidup,  manusia pasti punya kesibukan atau pekerjaannya masing masing, tetapi disi lain kita punya kewajiban yaitu beribadah kepada allah swt, di bulan penuh berkah ini kita harus bisa menyeimbangkan waktu antara urusan duniawi dan akhirat, suapaya kedepanya menjadi lebih terbiasa.

3. mempererat silaturahmi. di bulan romadhon ini kita harus bisa menjaga tali persaudaraan kita, sesama muslim ataupun non muslim, dengan cara saling membantu satu sama lain, solat berjamaah di masjid, tadarusan, atau mungkin buka puasa bersama.

4 tahu bahwa beribadah memiliki tujuan. di bulan puasa ini kita harus rajin beribadah kepada sang pencipta, karena kita tau tujuan dari beribadah itu apa, untuk meminta pertolongan kepadanya, meminta pengampunan dosa dosa yang kita perbuat sebelumnya, insyaallah semua akan tercapai apa bila kita niat melakukannya

5. berhati hati dalam berbuat. di bulan puasa ini selain kita harus menahan lapar, tetpi kita juga harus bisa menahan amarah, kenapa? agar puasa kita tidak sia sia, di bulan puasa ini marah kit akan di latih seberapa kuat kita?, jauhi lah hal hal yang berbau negatif, kotor, jorok dan lain, biasakanlah dari sekaranhg untuk melakukan hal yg positif dan bermanfaat untuk diri kita sendiri.

6. hidup sederhana.  allah swt mengajrkan kita untuk tidak berlebihan atau bisa di sebut berfoya foya menghambur hamburkan uang, tetapi di bulan ramadhan ini kita harus bisa menghilangkan kebiasaan itu. beli lah sesuatu yang kita butuhkan saja, jangan menghabiskan uang untuk membeli hal yang tidak bermanfaat, ketika waktu berbuka puasa tiba, saat minum dan makan sedikit saja kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu saja.

7. tetap bersyukur. Dengan memakan hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensykuri nikmat yang kita miliki saat tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat Allah SWT.

demikianlah, hanya itu saja yang bisa sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua amin.
wasalamualikum wr wb.



13 Responses to "HIKMAH PUASA RAMADHAN"

Ilham said...

artikelnya bagus gan jadi tambah tau hikmah puasa ramadhan.

Mapel kelas said...

nice post gan , lebih hati'' dalam berbuat sesuatu hal yng harus di lakukan ketika berpuasa .

Unknown said...

Ternyata banyak hikmahnya..

Sandyapanan said...

hahaha iya makasih telah berkunjung

Sandyapanan said...

iya harus berhati", makasih telah berkunjung

Sandyapanan said...

iya maksih telah berkunjung

Unknown said...

hikmahnya banyak juga ya..

Sandyapanan said...

hehe iya mas, makasih ya telah berkunjung

Unknown said...

artikel yang bermanfaat sob

admin said...

puasa memang banyak hikmahnya broo,, makasih ya infonya

Unknown said...

tambah Ilmu nih nice artikel...

Unknown said...

artikel yang bagus gan ;) nice post ;)

Unknown said...

nice post gan :)

Powered by Blogger.